Di Liat

Tuesday, September 6, 2016

Jaringan komputer LAN, MAN, WAN dan PAN

MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

1. LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, seperti warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya sekitar 1 km.

Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet & kabel UTP yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel 802.11b seperti wi-fi untuk jaringan LAN.

Cocok digunakan untuk pemindahan data yang cukup besar.

Jaringan LAN sering menggunakan teknologi Arcnet dan Token Ring.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan jaringan yang mencakup suatu kota denga di bekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Seumpama bangunan tersebut cukup besar seperti hotel lantai 100 atau kantor yang terdiri atas beberapa divisi kerja.

Jangkauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

Jenis jaringan komputer ini tentu saja memiliki cakupan area yang lebih luas dari LAN. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan teknologi backbone seperti fiber optik.

3. WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seperti sebuah negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada dilokasi yang berbeda.

Didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

4. PAN (Personal Area Network)
Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh hanya mampu menjangkau beberapa meter saja tetapi juga bisa mencapai ratusan sampai ribuan kilometer apabila memanfaatkan jaringan global.

Biasanya digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti HP dengan komputer, tevisi dengan remote, atau pun sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal seperti internet.  

No comments:

Post a Comment